Laman

3 Browser Pilihan untuk Akses Facebook via Ponsel

Facebook, Facebook….,, begitulah nama layanan social friends connect yang sedang di gandrungi oleh lebih dari jutaan orang di planet biru ini, mulai dari remaja, ABG, dewasa sampai orang tua pun ikut andil dalam layanan FB. Namun sayangnya facebook dipandang oleh masyarakat sebagai social friends connect yang hanya bisa di akses lewat PC (personal computer). Ups… itu salah besar, sekarang facebook bisa diakses melalui mobile phone alias hp yang memiliki fitur internet minimal wap 2.0 atau netfront. Meskipun bisa, namun biaya internet yang diperlukan sangatlah besar. Hal ini disebabkan karena browser bawaan hp hanya melakukan kompresi data sebesar 10% dari halaman aslinya, otomatis semakin banyak bandwich yang di download , semakin banyak pula pulsa yang tersedot alias berkurang.
Untuk menanggulangi biaya yang sangat boros, para pihak ketiga seperti Opera Mini, UCWeb, dan TeaShark sudah memikirkan dalam-dalam bagaimana agar akses facebook via mobile bisa meminimalisir biaya internet (pulsa). Berikut ini beberapa review tentang aplikasi java untuk mengakses facebook via hp:

1. Opera Mini 4.2



Opera Mini menawarkan kompresi data yang lebih efektif dan efisien. Sehingga membuka halaman web (seperti facebook) akan terasa ringan dan cepat tanpa harus menghabiskan pulsa anda. Opera Mini mampu membuka halaman facebook secara full screen dengan cara membuka Menu>Tools>Setting>dan centang “mobile view”, maka anda dapat menimati facebook

dengan mudah dan leluasa. Opera Mini adalah aplikasi java yang tersedia secara gratis, sehingga anda bisa mendownloanya lewat hp melalui: http://www.operamini.com .

2. UCWEB 6.3



UCWEB adalah browser java yang berasal dari Negara bamboo (Cina). Browser ini hampir sama dengan Opera Mini , sama-sama melakukan kompresi data secara efisien. Namun setelah saya coba, UCWEB mampu membuka facebook lebih cepat dan lebih stabil dibanding Opera Mini. Entah kenapa saya lebih fanatic dengan UCWEB. Selain itu UCWEB memiliki kecepatan download+upload yang bisa membuat anda terkagum-kagum. Pada intinya browser ini memiliki kemampuan yang lebih stabil jika dibandingkan Opera Mini. Anda bisa mendownload UCWEB 6.3 langsung dari mobile anda melalui http://wap.ucweb.com/english/index.shtml.

3. Tea Shark



Satu lagi alternative browser java untuk hp anda, TeaShark namanya. Browser ini bisa dibilang sangat ringan, mengingat ukuran file-nya lumayan kecil. Namun secara tampilan, TeaShark tidak kalah menariknya. Dengan efek-efek motion scroll membuat browser ini menjadi lebih cute dan elegant. Tapi tiada gading yang tak retak, proses kompresi TeaShark masih jauh di bawah UCWEB dan Opera Mini. Hal ini terlihat dari tampilan halaman situs web yang masih berukuran besar (setara dengan yang tertampil di layar PC). Untuk mendowload TeaShark via mobile, bids melalu: http://wap.teashark.com

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg