Laman

Mengatasi Koneksi Internet Flexi yang Sering Time Out


Untuk mengakali masalah Koneksi Internet Flexi yang Sering Time Out kita harus mengusahakan ping dapat terus berjalan dengan baik jangan sampai idle. Berikut tahapannya :
  1. Buka jendela CMD, (ketikkan CMD pada menu RUN : Win + R), lalu pada jendela CMD ketikkan ipconfig/all lalu enter.
  2. Cari koneksi Flexi anda dan perhatikan berapa DNS server yang dipakai Flexi, sebagai contoh saya menggunakan DNS Primary 202.134.1.10. Nilai DNS itulah yang akan kita gunakan pada langkah berikutnya. Ingat jangan ditutup jendela CMD ini dan biarkan terbuka, kalau ingin menghilangkan dari tampilan desktop cukup di minimize saja (kalau ping pada DNS Primary tidak bagus anda dapat mencoba menggunakan DNS Secondary). Dalam contoh ini saya menggunakan DNS default milik Flexi, tapi anda bisa juga menggunakan Open DNS atau juga DNS Publik milik Google. Pilih yang terbaik menurut anda.
  3. Langkah berikutnya adalah kembali mengetikkan perintah pada RUN (win xp) dan pada Search Programs and Files (Win 7). Ketikkan ping (spasi) (Server DNS) (spasi) -t. Contoh: ping 202.134.1.10 -t dan tekan enter.
  4. Proses ping berlangsung dan akan terus memaksa berlangsung, kalau terjadi time out akan di-request lagi, sehingga dengan cara ini koneksi internet sulit tidak akan idle bahkan time out karena proses ping akan terus berjalan walaupun anda tidak melakukan proses RX dan TX. (Ingat jendela PING CMD ini jangan ditutup biarkan dia terbuka sehingga proses ping terus berjalan). Cukup diminimize saja.
Saat mengunakan trik ini, menggunakan Flexi sebagai sarana ISP dalam kegiatan browsing saya tidak pernah mengalami time out pada saat membuka suatu halaman situs. Saya kini juga dapat membuka banyak tab sekaligus tanpa ragu-ragu halaman gagal dimuat. Sebelum melakukan trik ini jangankan banyak tab, satu halaman saja sulit untuk dibuka. Trik ini berguna juga untuk mencegah koneksi Dial-Up yang sering disconect.

Share to

Facebook Google+ Twitter Digg