Laman

Font Aksara Jawa


Anda Jawa asli atau bukan? Bisakah menulis aksara Jawa? Sudah tak dapat dipungkiri di era yang sudah meng-global, penggunaan kalimat berbahasa Jawa sudah tidak lagi ditulis dalam bentuk aksara Jawa aslinya melainkan cukup ditulis dengan aksara Jawa palsu (huruf latin). Saya sendiri orang jawa asli *masih keturunan bule gitu,,, hehe* yang sehari-hari menggunakan bahasa daerah ini mengaku sangat merasa kesulitan sekali saat menerapkan bahasa ini berikut dalam menulis huruf Jawa.

Nih, pas penasaran bagaimana cara mencoba menulis aksara jawa dengan gampang dan mudah *sama saja kali ya...* tak lupa tanpa 'njelimet', ku andalkan lagi paman Google untuk mengatasi masalah yang satu ini. Bagaimana hasilnya? OK, langsung saja kita praktekkan.

Nasihat paman Google menjelaskan bahwa: para hadirin, pertama-tama silahkan unduh font Hanacaraka (aksara Jawa). File unduhan tersebut dalam format *.zip, silahkan extrak dulu menggunakan program UnZipper. *WinRar unduh di sini*

Kalau sudah diextrak file kompres dalam bentuk zip tadi. File font berupa HANAN___.TTF copy-kan ke dalam direktori C:\WINDOWS\Fonts. Tunggu hingga windows menginstal file font tersebut.
Langkah selanjutnya? Sudah selesai kok, anda tinggal membuka aplikasi yang biasa anda gunakan untuk mengetik *Misal Ms. Word*. Cobalah anda ketik satu kalimat terserah anda dalam bahasa apa saja (tentunya dengan huruf latin). Kemudian gantilah font yang anda pakai tadi dengan font hanacaraka yang telah anda unduh. Secara otomatis font tersebut mengkonversi dari bentuk huruf latin yang anda tulis menjadi aksara Jawa yang cukup simpel tanpa membuat kita njelimet lagi, hehe.
Silahkan coba.. Tutorial ini mungkin dapat membantu keluar dari jurang kesusahan dalam menghadapi pelajaran bahasa Jawa di sekolah2...*hehe*


Share to

Facebook Google+ Twitter Digg